W7mQLprqVQCi3tVCpPNyPSxFeYFCp5Up0iG8r9Ay

Resep Scramble Egg, Hanya Butuh 5 Bahan

Scramble Egg merupakan olahan telur yang sangat digemari banyak orang. Rasanya gurih, teksturnya lembut, dan sangat mudah dibuat di rumah. Cocok sebagai lauk untuk sarapan. Mungkin buat yang sering ke McD sering salah fokus sama scramble egg kan? Ini semacam telur dadar versi yang lembut banget, yang lebih gurih, intinya tidak sama dengan telur dadar di rumah. Tapi ya iya sih, meski secara penampilan scramble egg dan telur dadar hampir sama, bahan-bahannya beda.

Scramble egg dibuat menggunakan susu. Sehingga jadi lebih lembut dan creamy. Penambahan lada juga memberi sensasi rasa yang lebih gurih dan sedikit pedas.

Scramble egg termasuk masakan yang mudah dibuat. Jadi, kita tidak perlu ke McD terus jika doyan sama makanan ini, cukup ke dapur dan praktikkan resep scramble egg di bawah ini, dijamin rasanya tak kalah enaknya.

Resep Scramble Egg

Berikut ini resep scramble egg yang sangat lembut dan creamy, memasaknya hanya butuh lima bahan dengan alokasi waktu lima menit.

Bahan-bahan

  1. 50 g mentega
  2. 6 butir telur
  3. 2 sdm susu cair
  4. ½ sdt garam
  5. ¼ sdt merica bubuk

Cara memasak

  • Masukkan telur, campurkan susu cair, garam, dan merica. Kocok hingga semua bahan tercampur rata.
  • Panaskan mentega pada wajan anti lengket, lalu tuangkan adonan telur dan susu cair.
  • Masak telur menggunakan api kecil sampai teksturnya mengeras.
  • Orak-arik Scrambled Egg yang sudah hampir matang menggunakan sodet agar teksturnya hancur.
  • Scrambled Egg yang sudah matang dapat segera diangkat dan disajikan saat hangat.

Tips Membuat Scrambel Egg

Meski hanya menggunakan lima bahan, dan cara memasaknya yang relatif mudah, namun apabila tidak hati-hati kita akan gagal dalam membuat scrambel egg. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dicoba sebelum membuatnya.

Gunakan Alat Masak yang Sesuai

Tips yang pertama, jangan lupa gunakan alat masak yang sesuai, kita bisa menggunakan panci anti lengket untuk hasil yang maksimal. Untuk memudahkan dalam mengorak-ariknya, permukaan panci yang licin akan memudahkan dalam membuat telur orak-arik agar tidak menempel di wajan.

Kocok Telur dengan Baik

Memecahkan telur langsung ke dalam wajan memang lebih cepat, tetapi itu akan membuat telur menjadi berat dan padat. Sebaiknya, pecahkan dulu ke dalam mangkuk dan kocok dengan garpu selama sekitar 30 detik sampai volumenya bertambah.

Masak dengan Api Kecil

Memasak dengan apik kecil akan membuat telur masak secara lebih baik baik dengan tekstur maupun warnanya yang baik pula.

Jangan Terlalu Diaduk

Setelah menuangkannya ke dalam wajan, sebaiknya diamkan selama dua menit. Agar kita mendapatkan tekstur yang sesuai. Penggunaan spatula dalam melipat telur di wajan juga harus dilakukan dengan perlahan, dan jangan terlalu sering. Mengaduk telur secara berlebihan hanya akan emmbuat telur tampak rapuh.

Berhentilah memasak sebelum telur benar-benar matang

Matikan kompor ketika telur sekitar tiga perempat matang. Dalam satu menit atau lebih, wajan dengan panas yang sangat rendah akan menyelesaikan proses memasak telur lebih sempurna.

Ikutilah langkah-langkah ini untuk mendapatkan scrambled egg dengan hasil terbaik.

Posting Komentar