Iklan yang ada di media cetak seperti koran, majalah, atau brosur tentu berbeda dengan iklan yang ada di media elektronik seperti radio, televisi, dan internet.
Pada materi kelas 5, tema 9, subtema 3 mempelajari tentang iklan di media cetak, termasuk unsur yang digunakan pada iklan di media cetak.
Apa saja unsur-unsur yang digunakan pada pembuatan iklan di media cetak?
Unsur-Unsur Iklan yang Ada di Media Cetak
Dalam pembuatan iklan di media cetak, kita harus memerhatikan unsur-unsur penting yang ada di dalam ikaln.
Hal ini dilakukan agar iklan yang ada di media cetak terlihat menarik, sehingga orang yang melihatnya jadi tertarik untuk membeli atau memakai produk yang ditawarkan.
Unsur-unsur iklan yang ada dan digunakan dalam pembuatan media cetak adalah sebagai berikut:
1. Nama Produk
Unsur pertama adalah nama produk yang ditampilkan dalam iklan media cetak.
Nama produk harus tertulis dengan jelas namun mudah dibaca dan diingat oleh orang yang melihatnya.
2. Slogan atau Kata Kunci
Penggunaan slogan atau kata kunci pada iklan di media cetak penting digunakan, dengan tujuan agar calon konsumen mudah mengingat produknya.
Pastikan gunakan slogan atau kata kunci yang mampu menggambarkan produk dengan baik dan jelas.
3. Keunggulan Produk
Hal penting lainnya yang menjadi unsur iklan adalah keunggulan produk yang diiklankan.
Keunggulan produk harus dituliskan dalam iklan, agar calon konsumen mengetahui mengapa mereka harus membeli atau menggunakan produk yang ditawarkan.
4. Nomor Telepon atau Alamat
Adanya nomor telepon dan alamat penjual akan memudahkan konsumen yang ingin menggunakan atau membeli produk yang ditawarkan.
Dengan adanya nomor telepon dan alamat, maka konsumen tidak kesulitan untuk menghubungi atau datang ke tempat produk dijual.
5. Gambar yang Menarik
Visual atau gambar menjadi salah satu unsur pada iklan di media cetak.
Kita bisa menggunakan gambar yang menarik pada iklan di media cetak, misalnya iklan dari barang yang ditawarkan.
Iklan yang menarik akan membuat konsumen menjadi lebih tertarik untuk melihat iklan yang dimuat di media cetak.
6. Harga
Mencantumkan harga produk atau jasa pada iklan juga menjadi unsur penting dari iklan di media cetak.
Jika harga produk atau jasa dicantumkan dalam iklan, maka konsumen jadi mengetahui berapa biaya yang harus disiapkannya jika ingin membeli produk atau menggunakan jasa.
7. Keterangan Tambahan
Selain enam unsur di atas, iklan pada media cetak juga bisa menggunakan keterangan tambahan.
Misalnya jika produk yang ditawarkan adalah makanan atau minuman, maka keterangan tambahan yang bisa dituliskan adalah komposisi pembuatnya.
Hal ini akan membuat pembeli semakin tertarik dan mengetahui produk yang ditawarkan.