W7mQLprqVQCi3tVCpPNyPSxFeYFCp5Up0iG8r9Ay

Cara Belajar Berhitung pada Anak Kelas 1 SD

Meski ada banyak sekali cara mengajarkan anak berhitung, namun jangan sampai membentak apalagi memarahi anak pada saat anak melakukan kesalahan.

Belajar berhitung adalah suatu hal yang paling penting untuk dipelajari oleh anak-anak. Karena berhitung merupakan keterampilan dasar selain membaca dan menulis.

Pada usia SD, belajar berhitung dapat dikategorikan menjadi beberapa macam. Seperti: belajar berhitung penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.

Sampai ke pelajaran yang lebih kompleks misal belajar berhitung pecahan, menghitung kecepatan, ukuran, sampai ke luas dan keliling suatu bangun. Dan belajar berhitung ini akan berlanjut sampai anak masuk ke perguruan tinggi.

Artinya anak-anak harus memiliki kemampuan dasar supaya dapat belajar berhitung. Namun semua itu akan dipelajari di kelas tinggi.

Di musim pandemi seperti sekarang ini, banyak strategi yang harus diubah. Anak-anak yang semestinya belajar di sekolah jadi harus belajar di rumah saja.

Dalam hal ini andil orangtua sangat penting. Sehingga mau tak mau, selaku orangtua kita juga harus bisa memberikan pelajaran anak tentang cara menghitung.

Apalagi anak kita baru kelas 1 SD yang emang sebenarnya harus diajari lebih detil tentang cara berhitung. Tapi mungkin yang kemudian muncul di benak adalah pertanyaan tentang gimana sih cara ngajarin anak belajar berhitung?

Cara Mengajari Anak Belajar Berhitung

Umumnya belajar berhitung sudah dimulai sejak anak memasuki usia TK atau PAUD. Namun mungkin ada sebagian anak yang tidak melalui TK dan langsung mendaftar ke SD, sebenarnya mau mengandalkan gurunya, eh nggak taunya pandemi.

Nah, postingan kali ini semoga bisa membantu mengajari anak belajar berhitung. Berikut ini cara yang bisa dicoba:

Menggunakan Jari Tangan

Kita bisa memulainya dengan menanyakan kepada anak berapa jumlah jari di tangan, atau menanyakan padanya berapa jumlah umurnya. Lalu meminta anak untuk menunjukkan jumlahnya menggunakan jarinya.

Cara yang seperti ini akan membantu mengingatkan anak tentang cara berhitung yang sederhana.

Belajar Berhitung dengan Lagu

Carilah lagu anak yang pada liriknya terdapat angkanya. Seperti lagu satu-satu, dua mata saya, atau lagu satu ditambah satu. Lirik lagu yang edukatif ini akan membantu anak untuk bernyanyi seraya mengingat-ingat angka yang dia sebutkan.

Berhitung Benda di Sekitar

Belajar berhitung bisa dilakukan di mana saja, bahkan ketika anak sedang berada di dapur sekalipun. Karena dari dapur, anak bisa diajarkan konsep dasar berhitung. Misalnya dengan cara menanyakan anak berapa jumlah kursi yang ada di ruangan tersebut.

Setelah anak paham dengan konsepnya, maka dapat naik satu level lagi dengan mengenalkan penjumlahan dan pengurangan melalui benda yang dapat dijangkau. Misalnya dengan mengambil atau menambah beberapa sendok, lalu meminta anak menghitungnya.

Belajar Sambil Main Petak Umpet

Petak umpet adalah salah satu permainan jaman dulu yang sekarang sudah tergusur gadget. Mengenalkan permainan tradisional ini pada anak akan membantu anak untuk terbiasa berhitung sampai sepuluh.

Bahkan bukan hanya mengajarkan anak berhitung, kita juga bisa memberikan cerita kalau pada jaman dulu bermain petak umpet seperti ini seru dilakukan bersama teman sebaya. Dan secara tidak langsung kita juga sudah mengajak anak untuk bergerak aktif.

Memasukkan Permen ke Toples

Cara lain untuk mengajarkan berhitung pada anak adalah dengan cara memasukkan permen ke toples. Misalnya dimulai dengan angka yang paling mudah, kita minta anak memasukan 15 permen ke toples. Lalu kita minta anak memakannya satu, kemudian dihitung lagi sisanya.

Ulangi cara yang sama dan tambahkan beberapa permen lagi. Hal ini akan membuat anak terbiasa berhitung.

Menggunakan Poster Angka

Memasang poster angka dapat membantu anak mempelajari cara berhitung. Ketika anak melihat poster setiap hari akan mendorongnya untuk mempelajari apa yang ada pada poster.

Maka memilih poster yang berwarna-warni atau memiliki gambar tokoh kartun favorit dapat membantu anak memahami lebih cepat. Bahkan kita juga bisa membuatnya sendiri sambil menghabiskan waktu.

Berhitung dengan Menggambar

Pada usia anak, biasanya sangat suka sekali menggambar. Maka meminta anak untuk menggambarkan sesuatu dengan jumlah yang telah kita tentukan, juga dapat membantu anak memahami konsep berhitung dengan cepat.

Melalui Youtube

Mengikuti perkembangan jaman adalah suatu tuntutan supaya kita tidak ketinggalan. Maka sambil bercengkrama, upayakan untuk mengajak anak belajar sambil menonton youtube.

Saat ini ada banyak sekali kreator yang menyajikan konten edukasi. Seperti video di bawah ini:

Dengan begitu kuota yang kita miliki akan terasa manfaatnya sehingga tidak terbuang sia-sia.

Meski ada banyak sekali cara mengajarkan anak berhitung, namun jangan sampai membentak apalagi memarahi anak pada saat anak melakukan kesalahan. Karena setiap anak akan berkembang dengan kecepatannya masing-masing sehingga jangan terlalu memaksakan anak untuk belajar berhitung.

Umumnya setelah mereka siap, anak akan belajar dan merespons dengan sendirinya. Penuhi asupan gizi pada anak dengan mengkonsumsi susu yang tinggi nutrisi seperti Dancow, untuk membantu kecerdasan otaknya.

Posting Komentar