Ketahui 5 Fakta Kota Palembang Sebelum Mengunjungi

Kota Palembang memiliki keunikan tersendiri yang patut dikagumi. Seperti kata pepatah, "Setiap kota memiliki kelebihannya masing-masing," dan ini sangat tepat untuk menggambarkan Palembang. Sebagai ibu kota Provinsi Sumatera Selatan, Palembang adalah kota terbesar kedua setelah Medan. Kota ini terkenal dengan pempek, makanan khasnya, dan jembatan ampera yang ikonik.

Sebagai tujuan wisata, Palembang sangat direkomendasikan. Konon, waktu yang dibutuhkan untuk menikmati kota ini tidak cukup hanya sehari dua hari saja. Hal ini karena Palembang memiliki lima fakta menarik yang perlu diketahui.

Fakta Kota Palembang


Kota Tertua di Indonesia

Kota Palembang, yang ternyata merupakan kota tertua di Indonesia, sering kali tidak banyak diketahui oleh orang. Berdasarkan prasasti Kedukan Bukit yang ditemukan di Bukit Siguntang, diketahui bahwa kota ini telah ada sejak tahun 688 M. 

Hingga kini, Palembang yang mayoritas penduduknya beragama Islam terus bertahan dan berkembang, bahkan dengan pembangunan LRT baru-baru ini.

Selain itu, Palembang dikenal dengan julukan Kota BARI, yang merupakan singkatan dari Bersih, Aman, Rapi, Indah. Julukan ini sangat sesuai karena pemerintah kota mengedukasi masyarakatnya untuk menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya, sehingga kota ini tampak indah dan nyaman. 

Palembang juga dijuluki sebagai Venesia dari Timur oleh dunia barat karena Sungai Musi yang mengelilingi kota ini memberikan pemandangan yang menakjubkan, mirip dengan kota Venesia. Sayangnya, bangunan di tepi sungai Palembang kurang terawat dibandingkan dengan Venesia yang sangat tertata rapi dan menjadi objek wisata.

Palembang juga dikenal sebagai kota wisata air. Mantan presiden SBY pernah menetapkan Palembang sebagai kota wisata air karena memiliki Sungai Musi, jembatan Ampera, Sungai Gerong, dan berbagai lokasi wisata air menarik lainnya. 

Nama kota ini sendiri berasal dari bahasa Melayu, "Pa" yang berarti tempat atau situasi, dan "Lembang" yang berarti tempat yang selalu dibanjiri air. Dengan begitu, nama Palembang yang berarti tempat yang selalu dibanjiri air sangat cocok dengan julukan yang diberikan oleh SBY.

Kota Palembang juga terkenal dengan kulinernya yang nikmat. Di sini, kita dapat mencicipi berbagai makanan lezat, mulai dari Pempek, makanan khas Palembang, hingga Tekwan, Mie Celor, dan Laksan. 

Pempek sendiri konon merupakan warisan dari orang Tiongkok yang tinggal di Palembang. Selain itu, kita juga bisa mencicipi sambal tempoyak, fermentasi dari buah durian, dan pindang patin yang rasanya sangat khas. Semua makanan khas Palembang ini terkenal dengan rasa pedasnya. Memang, rasanya ‘tidak Indonesia’ jika tidak menyukai makanan pedas.

Kain Tradisional yang Mewah


Setiap daerah di Indonesia memiliki kain tradisional yang khas. Kota Palembang, misalnya, sangat terkenal dengan kain songketnya. Keindahan songket dari Palembang sudah diakui dunia karena bentuknya yang sangat cantik dan unik.

Kain songket, yang merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Sriwijaya, sering disebut sebagai ratunya kain dari segala jenis kain karena keindahannya yang luar biasa, sehingga dianggap mewah.

Pada masa kerajaan dulu, kain songket digunakan sebagai pakaian adat kerajaan, yang menjadikannya semakin istimewa. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat songket juga tidak kalah istimewanya. Beberapa kain songket bahkan terbuat dari emas, sehingga harga jualnya tentu sangat tinggi.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.