Featured Post

8 Alasan yang Bikin Orang Males Ikutan CPNS

Setelah banyak media membagikan pengumuman penerimaan CPNS, agaknya membuat banyak orang tertarik mengikuti seleksi penerimaan CPNS ini. ...

Yuk Main Slime Biar Bahagia, Begini Cara Membuat Slime yang Gampang!



Slime adalah mainan masa kini yang belakangan sering dimainkan oleh para youtuber tanah air. Tahu nggak sih kalau slime itu memiliki beberapa manfaat? Sebelum kita bahas manfaatnya, kita cari tahu dulu sejarah Slime.

Slime pertama kali dipelajari pada awal abad 20 saat ilmu polimer sintetis diterapkan, pada tahun 1928 model molekul staudinger dipelajari oleh dua orang ilmuwan yaitu meyer dan Mark. Muncul di tahun 80an hingga saat ini mainan slime makin populer. Kata slime berasal dari Bahasa Inggris yang berarti lumpur atau lendir, sesuai dengan teksturnya yang menyerupai lendir. Berikut ini adalah manfaat bermain slime.

Penyaluran Emosi

Adanya kebebasan selama bermain slime, rupanya dapat melepaskan beberapa perasaan bagi siapa saja yang memainkan slime. Sehingga dapat  menyalurkan emosi ketika bermain slime. Ini tidak hanya berlaku buat anak-anak saja, tetapi orang dewasa pun juga. Dengan menekan, mengepal, atau menarik-narik slime, maka semua amarah, rasa kesal, dan perasaan negatif lainnya dapat tersalurkan dengan baik tanpa harus berteriak dan marah-marah kepada orang lain. Jadi tahu kan apa yang harus kamu lakukan pas lagi emosi?

Menghilangkan Perasaan Bosan

Ketika sedang bosan, jenuh, mumet, karena berbagai hal yang membuat kita tidak semangat. Nggak perlu cemas, karena dengan bermain slime pikiran kita akan teralihkan ke slime yang kita mainkan. Dengan begitu seketika rasa bosan dan jenuh itu tadi bisa hilang.

Merasa Lebih Bahagia



Siapa sangka tekstur slime yang lembek, dengan variasi yang berwarna-warni ternyata bisa memicu timbulnya hormone endorphin pada anak. Dampaknya adalah dapat membuat anak yang bermain slime menjadi lebih merasa bahagia dari sebelumnya.


Meningkatkan Kreatifitas

Setelah merasa seru bermain slime, kemudian muncul pikiran untuk membuatnya sendiri. Slime dapat dibuat dengan mudah. Siapapun bisa membuat slime. Nah, belajar membuat slime sendiri mampu menstimulasi perkembangan otak agar semakin kreatif.

Membuat slime bisa dilakukan tanpa menggunakanbahan kimia. Dari pada harus merogoh kantong dalam-dalam untuk membeli, lebih baik kalau membuatnya saja sendiri di rumah. Karena slime dapat dibuat menggunakan bedak bayi, tepung kanji dicampur minyak goreng, dan sampo yang dicampur sabun mandi.  Yuk, simak ulasan tentang cara membuat slime berikut ini.

  • membuat slime menggunakan bedak bayi  - Kamu punya bedak bayi di rumah? Bikin slime aja. Hanya membutuhkan bahan tambahan berupa pewarna, baby oil, dan air secukupnya kamu sudah bisa bikin slime sesuai seleramu. Caranya mudah, campurkan semua bahan hingga kenyal, atur warna sesuai selera, dan selesai. Slime dari bahan bedak bayi sudah bisa kita mainkan.
  • membuat slime menggunakan tepung kanji  - Yang harus dipersiapkan adalah wadah, air bersih 400 ml, minyak 150 ml, pewarna dan tentu saja tepung kanji. Mula-mula taro tepung kanji ke dalam wadah, tambahkan air hingga menggumpal, lalu beri minyak supaya lebih mengental dan kenyal, terakhir tambahkan pewarna sesuai selera.
  • membuat slime dengan campuran sampo dan sabun cair - Cukup dengan mencampurkan sampo dan sabun cair dengan perbandingan 1:1,  aduk-aduk, lalu teteskan obat tetes mata hingga membentuk adonan slime yang kenyal, simpan ke dalam freezer selama 30 menit supaya lebih awet, lalu tambahkan sabun cair yang memiliki warna menarik.


Demikian tadi beberapa cara membuat slime dan manfaat memainkannya. Jangan takut bermain slime, karena bermain slime itu mengasyikan. Tapi kamu pasti pernah berpikir kalau bikin slime sendiri bisa bikin pakaian kotor bukan? Tenang saja, karena ada Rinso – berani kotor itu baik!

Terus pernah mikir nggak sih, kalau slime itu sebenarnya benda padat atau benda cair? Atau malah keduanya?  


1 Response to "Yuk Main Slime Biar Bahagia, Begini Cara Membuat Slime yang Gampang!"

Saya menghargai setiap komentar yang kamu berikan. Maka jangan pernah sungkan untuk meninggalkan komentarmu. Untuk kepentingan bisnis, silakan hubungi saya via email di hadisujatman@gmail.com

Salam!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel