Sakit Perut Sebelah Kiri Dapat Menjadi Gejala Penyakit Ini



Sakit perut sebelah kiri seringkali menjadikan seseorang meringis kesakitan. Beberapa dari mereka menjadi khawatir akan beberapa penyakit yang berbahaya sebagai biang keroknya. Untuk itu sangat penting memahami apa penyakit yang mendasari perasaan nyeri tersebut.

Sakit perut sebelah kiri biasanya diakibatkan oleh masalah organ pada area perut tersebut. Ada 2 kelompok penyakit yang menyebabkan timbulnya nyeri berdasarkan tempat timbulnya nyeri. Yuk kita simak pembahasannya di bawah ini.

Sakit Perut Bagian Sebelah Kiri Atas

Apa saja yang menjadi penyebab sakit perut sebelah kiri bagian atas? Pada area ini terdapat berbagai organ dalam, yaitu lambung, limpa, pankreas, dan di bagian belakang ada ginjal. Lantas, apa saja jenis penyakitnya?

1. Masalah Lambung

Nyeri yang dirasakan pada area ini menunjukkan adanya suatu problema lambung. Yang paling sering adalah peradangan pada lambung atau dalam bahasa medis dikenal dengan nama penyakit gastritis. Penderita seringkali mengeluhkan perut terasa panas diserta nyeri pada bagian ulu hati.

Banyak hal yang dapat menyebabkan peradangan lambung ini. Beberapa diantaranya adalah akibat infeksi bakteri, penyakit autoimun, seiring pertambahan umur, pola makan tidak teratur, buruknya manajemen stres, dan konsumsi alkohol.

2. Gangguan Pankreas

Sama seperti lambung, masalah gangguan pankreas juga dapat menimbulkan sakit perut sebelah kiri. Gangguan yang sering timbul pada pankreas adalah peradangan pankreas yang dapat bersifat akut atau kronis. Peradangan yang bersifat akut seringkali menimbulkan kerusakan yang serius sehingga menunjukkan gejala nyeri yang cukup hebat.

3. Penyakit Divertikulits

Apa itu penyakit divertikultis? Divertikulitis adalah suatu peradangan atau penyakit infeksi yang terjadi pada divertikulum. Divertikulum adalah kantung-kantung yang terbentuk pada saluran cerna, khususnya bagian usus besar). Penyakit ini umumnya menimbulkan gejala buang besar yang bercampur dengan darah dan nyeri perut.

Jadi, bila Anda mengalami sakit perut bagian kiri atas disertai buang besar berdarah maka disarankan segera berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan membantu Anda untuk menentukan apakah Anda mengalami penyakit divertikulitis atau penyakit lainnya.

4. Gangguan ginjal

Tidak hanya pada perut bagian depan, ginjal yang merupakan organ perut bagian belakang juga dapat memunculkan gejala sakit perut sebelah kiri atas. Apa saja masalah ginjal yang dapat menimbulkan gejala nyeri ini? Pada umumnya dua jenis penyakit yaitu infeksi ginjal dan batu ginjal.

Jadi, bila Anda mengalami keluhan nyeri pada bagian perut maka jangan terlalu fokus bahwa permasalahannya ada di perut Anda. Ternyata organ ginjal juga dapat menunjukkan gejala yang serupa. Dalam hal ini dokter akan menilai kondisi Anda dan mencari segala hal yang berhubungan dengan penyakit ginjal untuk menentukan apakah benar menderita gangguan ginjal ini.

Penyebab Sakit Perut Bagian Sebelah Kiri Bawah

Pada daerah ini terdapat organ dalam yaitu usus besar, usus halus, organ reproduksi pada wanita. Jadi, nyeri yang akan dirasakan adalah dikarenakan permasalahan pada organ-organ tersebut.

1. Penyakit Usus Buntu

Penyakit peradangan atau infeksi usus buntu bisa menimbulkan gejala dan tanda nyeri di bagian perut sebelah kiri. Namun, usus buntu merupakan penyebab yang jarang karena kebanyakan orang memiliki usus buntu yang terletak pada perut kanan. Meskipun ada, sangat jarang sekali usus buntu terletak di perut sebelah kiri bawah.

Penyakit usus buntu seringkali menjadi penyebab nyeri bila sudah terjadi perforasi usus. Perforasi usus adalah suatu keadaan dimana usus yang meradang pecah dan mengeluarkan isi usus ke organ-organ dalam sekitar. Nah, isi usus inilah yang menimbulkan peradangan bila sampai ke bagian perut kiri bawah.

2. Penyakit Chron

Tahukah Anda penyakit Chron ini? Ini adalah suatu penyakit dimana terjadi peradangan yang bersifat kronis pada lapisan saluran pencernaan, mulai dari mulut sampai ke lubang pengeluaran. Namun, pada umumnya bagian yang sering mengalami peradangan adalah bagian usus besar dan usus halus. Bila usus yang terkena berada di sebelah kiri bawah maka otomatis menimbulkan gejala di bagian atasnya.

3. Penyakit Kista Ovarium

Keadaan ini sering membuat kaum perempuan menjadi khawatir. Kista ovarium ini dapat diakibatkan oleh pertumbuhan yang bersifat abnormal. Sebagian besar kasus penyakit ini adalah kista jinak, akan tetapi tidak menutup kemungkinan menjadi kasus keganasan.

Pertumbuhan kista pada ovarium akan menimbulkan gangguan pada fungsi kista. Derajat gangguan tergantung kepada besar kista. Selain menimbulkan gangguan fungsi, keberadaan kista juga akan menimbulkan nyeri. Nyeri akan dirasakan semakin hebat seiring dengan membesarnya kista.

Nah, itu tadi beberapa penyakit yang menjadi penyebab sakit perut sebelah kiri muncul pada seseorang. Pemahaman akan hal ini cukup penting agar tidak terlalu menimbulkan kecemasan. Selain itu, kita juga menjadi lebih tahu tentang apa langkah yang harus diambil selanjutnya.

0 Response to "Sakit Perut Sebelah Kiri Dapat Menjadi Gejala Penyakit Ini"

Post a Comment

Saya menghargai setiap komentar yang kamu berikan. Maka jangan pernah sungkan untuk meninggalkan komentarmu. Untuk kepentingan bisnis, silakan hubungi saya via email di hadisujatman@gmail.com

Salam!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel