Komponen Dasar Pada Sistem Operasi yang Wajib Kamu Ketahui

Sebelum masuk apa saja komponen komponen yang ada pada sistem operasi, kita harus mengetahui  pengertian dari sistem operasi tersebut. Betul tidak?



Buat tambahan informasi, sistem operasi itu adalah perangkat lunak yang sangat komplek dimana perangkat lunak ini yang menangani semua perangkat yang berada pada komputer, baik perangkat kerasnya, perangkat lunaknya sampai ke braindware (Si Pengguna).

Maka dari itu sistem operasi memiliki komponen yang sangat penting untuk kamu ketahui, karena setiap komponen tersebut mendukung prosesnya atau jalannya  suatu sistem operasi pada suatu perangkat. 

Komponen-komponen pada sistem operasi yang disinggung di atas tadi, memiliki fungsi yang sudah tentu berbeda-beda dan sistem kerjanya berbeda pula. Namun dari tiap komponen mekanisme mempunyai peranan untuk memproteksi dirinya sendiri dan program apa saja yang berjalan pada perangkat. Tujuannya adalah agar data-data dari penggunanya dapat berjalan dengan baik. 



Oh iya, sistem operasi memiliki 2 mode diantarnya adalah :

1.Mode pengguna (Mode user )

Mode pengguna (Mode user ) ini adalah semua kegiatan pada komputer akan dikendalikan oleh pengguna, dimana pengguna tersebut ialah manusia atau bisa disebut juga sebagai yang memakai komputer.

2.Mode kernel 

Mode kernel adalah sebuah esekusi program yang dikendalikan oleh sistem operasi yang digunakan. 

Kernel adalah program yang sangat penting dan juga bisa dikatakan paling utama, karena program ini lah yang akan mengatur jalannya program sehingga dapat mengakases perangkat keras pada komputer.

Itu tadi mode-mode pada suatu sistem operasi. 

Selanjutnya kita akan masuk dengan materi yang sangat penting dipostingan ini yaitu mengenai komponen-komponen yang ada pada sistem operasi  yang wajib diketahui. 

1.Manajemen Proses

Proses adalah sebuah program yang sedang dijalankan atau yang sedang diesekusi. Misalnya saat kita banyak membuka aplikasi seperti microsoft word, microsoft excel , power point dan bermain game bersamaan. Tetapi kenapa tidak terjadi bentrokan data yang bisa menyebabkan erornya saat membuka aplikasi yang secara bersamaan. Ini karena adanya pengelolaan proses kerja processor .Sumber daya lain nya seperti CPU, memori dan perakngkat input atau output.


2.Manajemen Memori Utama

Pada manajemen utama ini, sistem operasi yang bekerja untuk bertanggung jawab atas hal yang berkaitan dengan memori utama. Memori ini adalah tempat penyimpanan untuk intruksi data dari program. Penyimpanan yang cepat dan kencang dapat membuat mengimbangi proses intruksi yang diberikan kepada CPU.

Contoh lain yang berkaitan dengan memori utama adalah :
a.Memilih program yang akan diload ke memori.
b.mengalokasikan ruang dengan secara kebutuhan.

3.Manajemen secondary-storage

Sebuah data yang disimpan memori kecil yang penyimpanannya yang bersifat akan sementara. Oleh karena itu kita membutuhkan secondary-storage yang dapat menyimpan data yang banyak dan bersifat permanen. Konsep sistem operasi ini biasanya fokus dengan kegiatan yang mengalokasikan penyimpanan data.

Sarana yang disediakan untuk penyimpanan sekunder memilik fungsi fungsi sebagai berikut :
a.Menyimpan berkas secara permanen.
b.Menyimpan program yang belum diesekusi oleh processor.

4.Manajemena sistem input dan output

Pekerjaan komputer selain untuk komputasi yaitu untuk masukan dan keluaran,  sistem pada input dan output biasanya juga ada sistem buffer yang kerja nya untuk menampung sementara data dari perangakat masukan dan inputan. Selain itu ada juga sistem spooling yang kerjanya melakukan penjadwalan untuk kegiatan pemakaian input dan output agar berjalan dengan efisien atau antrian. Dan ada juga Menyediakan driver perangkat umum dan menyediakan driver untuk perangkat yang secara khusus.

5.Manajemen Berkas

Manajemen ini digunakan untuk mengatur berkas berkas yang ada. Berkas itu artinya adalah informasi yang berhubungan dengan tujuan dari pembutan berkas. Berkas mempunyai struktur yang bersifat hiraksis. Manajemen ini bertanggung jawab untuk pembuatan dan penghapusan berkas, pembuatan dan penghapusan direktori, mendukung manipulasi berkas atau direktori dan masih banyak lagi.

6.Sistem Proteksi

Proteksi ini adalah berkenaan dari mekanisme yang mengatur kerja program, processor atau pengguna sumber daya . Mekanisme proteksi tersebut adalah membedakan antara penggunaan yang sah dan tidak sah, spesifikasi kontrol yang diterima akan menyediakan alat untuk pemberlakuan sistem.

7.Manajemen Jaringan

Manajamen ini juga disebut dengan sistem terdistribusi  yang mana kumpulan processor nya yang  tidak bisa berbagi memori atau clock. Processor tersebut terhubung karena adanya jaringan komunikasi , sehingga bisa melakukan akses. Akses yang bisa dilakukan adalah :
a.Peningkatan kecepetan
b.Peningkatan penyediaan data
c.Peningkatan kendalan

8.Command-Interpeter system

Command interpeter system ini seperti sistem operasi yang menunggu insturksi dari user. Program yang membaca intruksi ini dapat mengartikan system statemen atau keinginan dari pengguna. Keingignan dari pennguna umumnya adalah:
a.Control card interperter
b.Comman line interperter
c.UNIX shell

Mungkin itu saja komponen komponen dasar yang ada pada sistem operasi, jika kamu ingin mengetahui lebih luas tentang sistem operasi atau ingin belajar cara menginstall sistem operasi silakan berkunjung ke dutormasi.com.

Dan jika kamu merasa postingan ini bermanfaat silahkan share ke semua eman, keluarga dan kerabatmu agar mereka juga mendapatkan manfaat dari postingan ini. 

Terima kasih telah berkunjung dan semoga bisa membantumu dalam memahami komponen dasar dari sistem operasi.

0 Response to "Komponen Dasar Pada Sistem Operasi yang Wajib Kamu Ketahui "

Post a Comment

Saya menghargai setiap komentar yang kamu berikan. Maka jangan pernah sungkan untuk meninggalkan komentarmu. Untuk kepentingan bisnis, silakan hubungi saya via email di hadisujatman@gmail.com

Salam!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel