6 Tips SEO Untuk Blogger Pemula

6 Tips SEO Untuk Blogger Pemula - Ketika baru memulai blog, ada banyak pertanyaan yang sering muncul di kepala. Selain belajar bagaimana menulis untuk web yang baik, bagaimana menguasai sisi teknis posting yang menarik, kadang juga muncul pemikiran yang mungkin jadi tanda tanya besar.  Yaitu tentang bagaimana cara mendapatkan traffic ke blog dengan signifikan?

Meski telah banyak metode yang dipakai untuk mendapatkan lalu lintas menuju ke blog. Salah satu metode yang paling benar untuk digunakan secara jangka panjang adalah dengan menggunakan teknik SEO.


SEO itu kepanjangan daei Search Engine Optimization, yang mengacu pada teknik untuk meningkatkan peringkat situs dalam hasil pencarian Google, Bing, Yahoo, dan mesin pencari lainnya.

Di bawah ini ada 7 tips SEO untuk blogger pemula.



1. Gunakan Judul yang Mengundang Klik


Judul itu sangat penting. Maka gunakanlah judul yang menarik sehingga dapat memengaruhi semua orang untuk mengklik postingan buatanmu. Sebagai permulaan, tentukan target apa yang dimaui, cobalah masukkan kata kunci  dalam judulmu.  

Yang harus diperhatikan orang-orang hanya akan berbagi dan membaca judul yang menarik, jadi pastikan judul Anda menarik dan relevan.

2. Lakukan Penelitian Kata Kunci Pertama


Sebelum mulai menulis, mulailah membangun pemahaman yang kuat tentang kata kunci yang akan dijadikan peringkat. Paling nggak, pahami kata kunci mesin pencari mana yang menjadi dasar pasar yang akan mengarahkan kita ke arah yang benar dalam menciptakan konten yang bermanfaat. Maksudnya cari kata kunci supaya orang yang mencari di google langsung menuju ke blog post yang kita buat.

Ini juga akan membantu kita dalam mendapatkan traffic, karena memiliki fokus kata kunci untuk setiap posting, dan mengoptimalkan kata kunci dengan benar sehingga dapat meningkatkan peluang peringkat blog.

3. Kualitas Artikel


Salah satu elemen terbesar yang harus diperhatikan untuk blogger dan sangat penting untuk difokuskan adalah kualitas posting tulisan. 

Saat ini mesin pencari jauh lebih pintar dari sebelumnya. Konten yang berkualitas tinggi akan memberikan nilai lebih bagi orang-orang yang menggunakan mesin pencari seperti Google dan Bing untuk menemukan jawaban atas pertanyaan mereka. Artinya apa yang mereka ketik di mesin pencarian semaksimal mungkin dapat diberikan penjelasan yang sesuai pasa postingan yang kita buat. Sehingga pertanyaan mereka terjawab dan meninggalkan kesan yang mendalam atas pengalaman mengunjungi blog yang kita buat. 

Plus, orang lebih cenderung berbagi konten yang berkualitas tinggi, dan blogger lain lebih cenderung untuk menautkannya. Kualitas posting itu secara langsung terkait dengan betapa berharganya orang lain menemukannya.

4. Cari Tahu Kekuatan Menghubungkan


SEO di tempat sama pentingnya dengan SEO di luar kantor. Salah satu strategi SEO onsite yang hebat adalah menghubungkan semua konten bersama-sama. Pergi ke Wikipedia untuk melihat situs yang melakukan ini dengan efektif. Setiap artikel di situs mereka terhubung ke konten lain yang telah mereka tulis puluhan kali, setidaknya.

Menautkan konten pada setiap postingan kita akan memudahkan robot mesin pencari merayapi blog yang kita buat. Nah itu akan membantu membubarkan jus tautan di seluruh blog. Jadi istilahnya memberikan referensi nyata bagi pembaca yang nyasar ke blog.

5. Pertimbangkan Menggunakan Plugin


Ada banyak elemen teknis yang kita butuhkan untuk mengoptimalkan posting blog. Alih-alih mencoba melakukan semua hal ini sendiri, akan lebih efektif untuk menggunakan plugin seperti Yoast SEO, namun sayangnya Yoast SEO hanya terdapat pada Wordpress saja. Untuk blogger gimana? Tenang. Karena gratisan, semuanya bisa dicek dan dilakuan secara manual. Cukup luangkan waktu yang agak lebih banyak, ketimbang ketika kita menggunakan Wordpress. 

Sekilas tentang Yoast SEO, ini adalah salah satu plugin SEO yang paling umum digunakan untuk WordPress. Plugin ini akan membantu kita untuk mengoptimalkan setiap posting yang digunakan untuk SEO, sambil mendidik kata kunci yang telah ditentukan.

6. Fokus pada Pembaca Lebih Dari Robot



Fokus sebagai blogger harus membuat pembaca bahagia. Dengan berfokus pada pengalaman pembaca, dilihat dari traffic postingan mana yang paling banyak diklik pembaca, supaya dapat meningkatkan metrik blog yang berguna untuk SEO.

Misalnya, jika salah satu posting blog kita memiliki rasio pentalan yang rendah dan waktu tinggal blog yang meningkat (berapa lama pengguna tinggal di blog), Google akan menandai konten ini sebagai nilai yang sangat tinggi dan akan memberikan peringkat lebih tinggi. Kita bisa memantau perkembangannya menggunakan Google Analytics.

0 Response to "6 Tips SEO Untuk Blogger Pemula"

Post a Comment

Saya menghargai setiap komentar yang kamu berikan. Maka jangan pernah sungkan untuk meninggalkan komentarmu. Untuk kepentingan bisnis, silakan hubungi saya via email di hadisujatman@gmail.com

Salam!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel