Wakaf Bagi Generasi Muda Umat Islam

Wakaf Bagi Generasi Muda Umat Islam


Memberikan arahan tentang wakaf bagi generasi muda umat islam adalah kegiatan yang sangat penting. Seperti yang kita sama-sama ketahui, generasi muda adalah penerus bangsa. Maka, mengarahkannya untuk senantiasa berwakaf akan membuat para generasi muda untuk terbiasa berwakaf. Hal ini akan mengajarkan anak muda tentang betapa pentingnya berbagi, serta belajar secara langsung membantu sesame melalui kegiatan berwakaf.

Hal ini dapat dimulai melalui pengenalan aplikasi hasanah, atau website hasanah. Karena kebanyakan anak muda sangat dekat dengan penggunaan gadget. Sehingga memudahkan dalam penanaman karakter untuk kaum generasi muda dalam pembelajaran wakaf bagi generasi muda umat islam.

Dengan begitu para generasi muda akan mendapatkan hikmah bahwa tangan di atas adalah yang paling baik daripada tangan di bawah. Selain itu, mengajarkan para generasi muda untuk melakukan wakaf akan membuat mereka menjadi lebih aware dan peduli terhadap sesama. Dengan begitu, generasi muda  akan merasa senang dan selalu berpikir kritis dalam program wakat untuk melakukan kebaikan terhadap sesama.

Kegiatan ini juga dapat membantu generasi muda untuk mengerti tentang arti menabung yang tidak hanya bertujuan untuk kepentingan dunia saja, melainkan juga dapat untuk bertujuan untuk kepentingan di akhirat kelak.

Penanaman karakter pada generasi muda ini dapat memberikan penjelasan kepada mereka bahwa dengan melakukan wakaf, semua harta yang kita salurkan tidak akan berkurang, tetapi akan dibuat menjadi berlipat-lipat oleh Allah SWT, dan memberikan pengertian pada generasi muda mengenai keutamaan-keutamaan yang melebihi sedekah lainnya, karena akan mengalirkan pahala yang tidak ada hentinya dan terus mengalir selama wakaf yang kita berikan tetap bermanfaat untuk kepentingan umat.

Dari uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa wakaf bagi generasi muda umat islam sebaiknya dapat ditanamkan secara berkesinambungan. Alangkah baiknya dapat diajarkan sejak dini, sehingga ketika mereka telah dewasa nantinya akan menjadi lebih terbiasa memberikan wakaf untuk kepentingan umat.

Islam menyediakan wakaf sebagai fasilitator bagi para umat yang ingin menjaga keberkahan dan kekekalan hartanya untuk taqarrub kepada Allah SWT, dengan tujuan menggapai kebaikan dan ridho dari-Nya. Dari uraian tersebut maka dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa satu wakaf sobat hasanah membawa manfaat untuk sesama karena merupakan satu sifat yang sangat baik apabila dikerjakan dengan penuh ketulusan.

Manusia adalah mahluk yang tidak dapat dipisahkan dengan manusia yang lainnya. Tak ada seorang pun di dunia ini yang tidak pernah membutuhkan pertolongan orang lain. Untuk itu berwakaf untuk membantu sesama merupakan suatu perbuatan yang sangat terpuji. Sehingga Allah menjanjikan pahala yang sangat besar bagi orang yang memberikan wakaf, dan kebaikannya mengalir melimpah sampai pada hari kiamat.

Seperti yang tertuang dalam surat Al Maidah ayat 2 “ … Dan tolong-menolong lah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam perbuatan dosa dan pelanggaran. Dan bertakwa lah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah sangat berat siksaan-Nya.” Memberikan wakaf adalah sedekah yang paling terpuji untuk membantu sesama, juga dijadikan solusi dalam membangun ekonomi umat serta memberikan pahala tanpa batas apabila yang diwakafkan dapat dimanfaatkan dengan baik.

Di samping itu pula, memberikan wakaf bukan hanya dapat dilakukan oleh orang-orang dari kaum kaya raya saja, akan tetapi dapat pula dilakukan oleh masyarakat kecil. Sebab memberikan wakaf bukan hanya perihal uang, melainkan dapat berupa jenis apapun asalkan yang diwakafkan bisa memberikan tujuan, sehingga satu wakaf sobat hasanah membawa manfaat untuk sesama, dalam proses membangun peningkatan perekonomian umat.

Wakaf tidak akan menghabiskan harta, malah justru akan membuatnya menjadi kekal dan menjadi jalan untuk meraih ridho dan ampunan Allah SWT. Karena nilai manfaatnya tidak hanya dinikmati ketika berada di dunia saja, melainkan juga dapat dipetik dan dirasakan hingga di akhirat nanti. Maka satu wakaf sobat hasanah membawa manfaat untuk sesama.  Semakin banyak orang yang memanfaatkannya, maka semakin bertambah pula pahalanya



0 Response to "Wakaf Bagi Generasi Muda Umat Islam"

Post a Comment

Saya menghargai setiap komentar yang kamu berikan. Maka jangan pernah sungkan untuk meninggalkan komentarmu. Untuk kepentingan bisnis, silakan hubungi saya via email di hadisujatman@gmail.com

Salam!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel