Featured Post

8 Alasan yang Bikin Orang Males Ikutan CPNS

Setelah banyak media membagikan pengumuman penerimaan CPNS, agaknya membuat banyak orang tertarik mengikuti seleksi penerimaan CPNS ini. ...

Prosedur Membuat Blog di Blogspot

 Kebanyakan dari kita memilih blog sebagai sarana untuk menyampaikan aspirasi melalui tulisan, atau untuk tujuan bisnis dan sebagainya. Karena di era ini banyak kalangan muda yang menggunakan blog sebagai wadah untuk menjadi influencer maupun buzzer yang kemudian dapat mendatangkan pundi-pundi rupiah. Lalu timbul pertanyaan, bagaimana sih cara membuat blog di blogspot?



Pertanyaan di atas akan terjawab setelah kamu memenuhi langkah-langkah di bawah ini. Berikut ini adalah beberapa hal yang kamu butuhkan sebelum membuat blog di blogspot. Sebelum membuat blog  yang harus kamu lakukan adalah memilih niche blog. 

Hal ini supaya lebih memudahkan kamu dalam membangun blog ke depannya. Sehingga, alangkah baiknya kamu sudah memikirkan sejak awal tujuan apa yang ingin kamu capai melalalui blog yang akan kamu bangun. 

Jika kamu menyukai travelling, kamu bisa menjadi seorang blogger traveler, atau jika kamu menyukai kuliner kamu bisa menjadi food blogger, atau kamu penyuka film dan buku atau yang lainnya? Nah, itulah mengapa memilih niche merupakan hal yang paling penting sebelum memulai ngeblog.

Setelah kamu menemukan apa niche pada blog kamu, langkah selanjutnya adalah mendaftarkan nama domain. Dalam hal ini kamu bisa memilih domain yang berbayar maupun yang gratisan. Biasanya blog yang sering dipantau oleh para pemberi job adalah blog yang menggunakan domain berbayar berupa Top Level Domain (TLD). Kamu bisa menggunakan domain .my.id seperti blog ini. 

Kenapa .my.id? Apa kelebihan dan kelemahannya? Semuanya sudah pernah dikupas di sini. Silakan klik Kelemahan dan Kelebihan Domain .my.id

Namun apabila kamu baru memulai untuk ngeblog, tidak ada salahnya kalau kamu ingin memulainya dengan domain yang gratisan. Setelah domain aktif kamu langsung dapat mempublish konten dan mengembangkan blog.

Setidaknya ada tujuh langkah yang perlu kamu lakukan jika kamu ingin mendaftarkan atau punya keinginan untuk memiliki blog di blogspot. Namun jangan khawatir, meskipun ada banyak langkah yang perlu kamu lakukan, namun kesemuanya itu dapat kamu lakukan cukup dengan sekali duduk. 

Sebelum kita bahas ketujuhnya, ada baiknya jika Kamu menyiapkan cemilan dan secangkir the atau kopi hangat untuk menemani Kamu membuat blog di blogspot. Berikut ini adalah tujuh cara membuat blog di blogspot yang penting untuk diketahui:

1.       Akses laman Blogger

Untuk membuat blog di blogspot yang perlu kamu lakukan yaitu mengakses laman www.blogger.com hal ini terlihat sangat mudah sekali. Apablila Kamu telah memiliki akun Google malah lebih memudahkan lagi dalam pembuatannua.  Namun jika belum punya yang perlu Kamu lakukan adalah mendaftarkan akun terlebih dulu. Membuat akun juga bisa dilakukan di laman yang sama pada link tersebut.

2.       Masuk ke Blogger

Setelah memiliki akun, yang berikutnya dapat kamu lakukan adalah masuk atau login. Login menggunakan akun Google yang telah kamu daftarkan. Kamu perlu memasukkan username dan password yang telah kamu daftarkan, dan ini hanya semudah membuat status di WhatsApp.

3.       Lanjut ke Blogger

Apabila sudah berhasil login yang kemudian harus kamu lakukan adalah klik Lanjutkan ke blogger. Dalam hal ini kamu diberikan kesempatan untuk berpikir apakah sudah benar-benar yakin akan membuat blog di blogspot, jika iya langsung saja lanjutkan ke blogger, yang nantinya kamu akan diarahkan untuk membuat blog baru melalui laman yang muncul kemudian.

4.       Klik Blog Baru

Setelah Kamu mengklik blog baru, kamu akan disajikan dengan beberapa form yang berisi judul blog, alamat blog, dan template blog. Di sini kamu dibebaskan untuk membuat judul blog yang Kamu sukai, dan bebas membuat alamat blog. Alamat blog ini yang kemudian  kita sebut sebagai domain. Domain yang disediakan oleh blogger adalah blogspot.com, sehingga setelah kamu membuat alamat blog kamu, maka akan terbentuk sebuah alamat blog dengan laman http://alamatblogkamu.blogspot.com. Setelah itu kamu disuruh membuat template. Ada banyak templat yang bisa Kamu pilih dari blogger, silakan sesuaikan dengan keinginan kamu.

5.       Klik Lihat Blog

Ini adalah tahapan berikutnya dalam membuat blog di blogspot. Yaitu memastikan blog yang telah kamu buat beneran sudah bisa digunakan, maka yang perlu kamu lakukan adalah klik lihat blog. Blog kamu sekarang sudah jadi, dan kamu tinggal mengisinya dengan konten yang sesuai dengan niche yang telah Kamu tentukan sendiri. Mulailah dengan membuat postingan baru di blog kamu. 

Setelah itu kamu dapat menentukan apakah sudah sesuai dengan keinginan kamu atau belum. Jika belum, kamu selalu dapat mengotak-atik bagian template dan widget sehingga laman blog kamu seseuai dengan yang kamu inginkan.

6.       Pasang Widget Pilihan

Menyesuaikan widget dapat kamu lakukan dengan masuk ke bagian Tata Letak yang ada di blogger. Di sana sudah disediakan beberapa gadget yang siap untuk kamu pasang pada blog kamu. Tentu kamu tidaklah wajib untuk memasang semuanya, namun jika ingin memasang semuanya juga tidak ada salahnya. Hanya saja, cukup pilih widget yang benar-benar kamu butuhkan merupakan pilihan yang lebih baik.

7.       Membuat Menu

Setelah berhasil memasng widget, yang selanjutnya perlu kamu lakukan adalah membuat menu. Menu-menu ini sangat penting untuk kamu pahami, sebab dapat memudahkan kamu dalam mengelola blog kedepannya. Dengan adanya menu pada blog, ini nantinya juga akan memudahkan para pengunjung dalam mencari konten yang ingin dicarinya. Maka dari itu, keberadaan menu pada blog adalah sesuatu yang lumayan penting.

Tujuh langkah di atas adalah beberapa poin penting yang perlu dilakukan oleh kamu jika ingin membuat blog di blogspot. Selanjutnya kamu dapat mengimproviasasi blog kamu sendiri dengan mengedit template, atau mencari template yang sudah jadi kemudian mengimportnya ke blog kamu, atau kamu juga dapat menambahkan favicon, mendaftakan domain pada blog kamu dengan Top Level Domain (TLD), serta kamu juga dapat mengganti judul blog kamu menggunakan logo yang full art. Hal ini dapat kamu pelajari sendiri seiring jam terbang kamu yang lebih banyak dalam kegiatan perbloggeran.

Selanjutnya supaya blog kamu tidak terlalu sepi, maka kamu ada baiknya mencari teman sebanyak-banyaknya melaui media social, atau kamu juga dapat mencarinya melalui proses blog walking. Kegiatan ini adalah jalan-jalan ke blog milik orang lain, kemudian kamu dapat meninggalkan jejak via komentar pada postingan yang telah dibuatnya. Jika orang yang kamu kunjungi ini punya iktikad baik, tentu saja akan mengunjungi blog kita kembali, dan kegiatan ini dapat kamu lakukan secara berkala.

Demikianlah tadi panduan tata cara membuat blog di blogspot. Setelah mengetahui cara mmebuat blog di blogspot semestinya membuat kamu lebih konsisten dalam mengelola blog, dan membuat postingan secara konsisten supaya eksistensi atau keberadaan blog kamu dapat terbaca melalui pencarian google. Dengan begitu kamu dapat menggunakannya sebagai ladang untuk mencari uang dengan mereview beberapa produk endorsement, atau mendaftarkannya ke Google Adsense. Semoga bermanfaat!

1 Response to "Prosedur Membuat Blog di Blogspot"

  1. Wah, keren nih.
    Pasti bermanfaat bagi yg belum punya blo

    ReplyDelete

Saya menghargai setiap komentar yang kamu berikan. Maka jangan pernah sungkan untuk meninggalkan komentarmu. Untuk kepentingan bisnis, silakan hubungi saya via email di hadisujatman@gmail.com

Salam!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel