Keutamaan Salat Berjamaah


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Salat

Shalat merupakan amal ibadah yang paling utama bagi umat muslim. Dalam menurunkan perintah untuk melaksanakan shalat, Allah SWT tidak melalui malaikat jibril melainkan Allah SWT yang secara langsung menyampaikan kepada Nabi Muhammad saw.

Sebagaimana dalam kisah isra mi’raj Nabi Muhammad saw naik ke langit ke tujuh dan  dari perjalanan tersebut Nabi Muhammad mendapat perintah untuk melaksanakan shalat sebanyak lima puluh rakaat dalam sehari semalam.

Baca Juga : Artikel yang membahas tentang kisah Nabi di Nyamankubro.com

Akan tetapi saat hendak turun ke bumi lagi, Nabi Muhammad saw bertemu dengan Nabi Isa as, yang kemudian menyarankan untuk meminta keringanan kepada Allah SWT agar shalat yang dikerjakan oleh umatnya tidak sebanyak itu.

Akhirnya Nabi Muhammad saw melaksanakan pa yang disarankan oleh Nabi Isa as tersebut, hingga akhirnya shalat yang harus dijalankan oleh umat islam di seluruh dunia ini berjumlah hanya lima rakaat saja dalam sehari semalam.

PERINTAH MELAKSANAKAN SHOLAT BERJAMAAH


Melaksanakan shalat secara berjamaah hukumnya ialah sunnah muakkad, yaitu sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan. Akan tetapi menurut Imam Ahmad bin Hambal melaksanakan shalat dengan berjamaah hukumnya wajib. 

Rasulullah SAW. pernah memperingatkan dengan tegas akan keharusan untuk melaksanakan shalat secara berjamaah. Hal tersebut terurai dalam sebuah hadits nabi yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim yang artinya:

“demi jiwaku yang berada dalam kekuasaan-Nya, sungguh aku bertekad mengumpulkan kayu bakar, kemudian aku suruh seorang adzan untuk shalat dan seorang untuk mengimami manusia, kemudian aku pergi kepada orang-orang yang tidak ikut shalat, kemudian aku bakar rumah mereka.” 

Dalam hadits lain Rasulullah SAW juga bersabda tentang pentingnya melaksanakan shalat dengan berjamaah. Hadits tersebut diriwayatkan oleh Imam Ahmad yang artinya:

“tidak sempurna shalat seseorang yang bertetangga dengan masjid kecuali dengan berjamaah.”

KEUTAMAAN SHALAT BERJAMAAH


Shalat berjamaah mengandung begitu banyak manfaat dan keutamaan yang akan diperoleh oleh siapa saja yang melaksanakannya. Keutamaan tersebut ada yang diberikan di dunia dan ada juga yang diberikan di akhirat.

Diantara sekian banyak keutamaan dari shalat berjamaah ialah sebagai berikut:

Allah akan melipatgandakan pahala shalat berjamaah hingga dua puluh tujuh derajat. Jelas sekali bahwa shalat yang dilakukan secara berjamaah lebih utama daripada shalat yang dilakukan sendirian.

Shalat jamaah akan menjauhkan diri dari sifat munafik. Orang yang melaksanakan shalat dengan berjamaah maka ia kana di hindarkan dari sifat munafik oleh Allah SWT. sebab salah satu sifat orang munafik ialah bermalas-malasan dalam melaksanakan shalat.

Menjadi sebab diampuninya dosa oleh Allah SWT. Shalat berjamaah akan menjadi perantara dari diampuninya dosa seseorang yang melaksanakan shalat berjamaah.

Melatih sifat disiplin dan akhlak mulia bagi manusia dalam melakukan segala hal. Orang yang melaksanakan shalat berjamaah tentu ada yang menjadi imam dan makmum.Bagi yang menjadi imam tentu ia akan menjadi pemimpin sedangkan yang makmum ia akan menjadi pengikut, maka ia akan belajar menjadi disiplin dan menghilangkan sifat ego.

Tumbuhnya rasa persaudaraan, kasih sayang dan persamaan antar sesama manusia. Orang yang rajin berjamaah tentu akan lebih sering bertemu dengan tetangga ketimbang orang yang jarang berjamaah.

Pertemuan yang sering ini tentu akan menimbulkan sifat simpati atau peduli antar sesama manusia. Sehingga bila salah seorang diantara yang rajin berjamaah tidak kelihatan berjamaah, maka akan ditanyakan kenapa tidak berjamaah.

Nah dari gambaran tersebut muncul sifat peduli dan kasih sayang diantara manusia sekitar. Sehingga berjamaah menjadi lantaran munculnya sifat kebersamaan dan kasih sayang sesama manusia.

Demikian pembahasan yang kami ulas berkaitan dengan keutamaan shalat berjamaah, apabila dengan penjelasan ini teman teman masih kurang paham, silahkan bisa  kunjungi situs Nyamankubro.com yang membahasa tentang keutamaan sholat berjamaah dan seputar Agama islam. Atas segala perhatian kami sampaikan terima kasih dan mohon maaf atas segala kesalahan yang ada.

Wassalamualaikumwarahmatullahi wabarakatuh

0 Response to "Keutamaan Salat Berjamaah"

Post a Comment

Saya menghargai setiap komentar yang kamu berikan. Maka jangan pernah sungkan untuk meninggalkan komentarmu. Untuk kepentingan bisnis, silakan hubungi saya via email di hadisujatman@gmail.com

Salam!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel