8 Alasan yang Bikin Orang Males Ikutan CPNS


Setelah banyak media membagikan pengumuman penerimaan CPNS, agaknya membuat banyak orang tertarik mengikuti seleksi penerimaan CPNS ini. Seperti yang kita tahu, ada banyak formasi yang tahun ini buka. Bukan hanya di tingkat kementerian pusat, melainkan juga dari pemerintahan daerah yang ada di seluruh penjuru nusantara membuka penerimaan CPNS. Namun, siapa yang menyangka, ternyata dari banyak sekali orang yang tertarik untuk ikutan seleksi itu, masih ada juga yang merasa malas ikutan CPNS. Berikut ini beberapa alasan yang sudah penulis survey melalui question di Instagram.


Nyaman Kerja di Tempat yang Sekarang

pixabay.com

Ya, ini alasan yang klasik sih. Tapi kalau ditinjau lebih jauh orang jenis ini malah cenderung punya sifat setia. Karena istilahnya nggak mudah berpindah ke lain hati. Nah, atas dasar kenyamanannya ini lah, orang jenis ini merasa malas ikutan CPNS. Namanya juga udah nyaman ya nggak bisa dikatakan apa lagi. Sebab, segala hal bermula dari rasa nyaman, nggak hanya kepada kekasih, namun juga berlaku terhadap pekerjaan. Lagi pula, jika menjadi PNS kelak kita nggak bisa dengan mudah resign kerja kan, jadi berhubung udah kadung nyaman sama kerjaan, ada seleksi penerimaan apapun, nggak bakalan mempengaruhi orang jenis ini.

Mudah Bosenan…

Nah loh, kok bisa karena mudah bosenan jadi males ikutan CPNS? Tapi beneran ada yang menjawab demikian. Alasan ini nggak lain dan nggak bukan karena kalau sudah menjadi PNS kita nggak bisa pindah-pindah tempat kerja. Namanya juga orang mudah bosenan, pasti selama ini dia kerjanya pindah-pindah, untuk menguras rasa bosennya. Apapun alasannya, tetap patut kita hargai, demi persatuan dan kesatuan.

Saingannya Banyak


Ini jenis orang yang bukan tipe pejuang sebenarnya. Hanya saja, pasti ada alasan dibalik itu semua. Tapi kalau kita perlu open minded sebentar, sebenarnya pada hal atau bidang apapun yang namanya saingan itu tentulah ada banyak sekali. Cuma ya kalau hal ini yang dijadikannya alasan untuk males ikutan CPNS ya sah-sah aja. Semua orang bebas kok menyalurkan pendapat.

Dilarang Sama Orangtua


Padahal yang ikutan CPNS tahun ini syaratnya harus berumur lebih dari 18 tahun, yang artinya harus benar-benar sudah dianggap dewasa dong. Tapi kenapa mamanya melarang? Jangan-jangan dunia juga menolak nih? Wah kalau iya malah jadi kayak lirik lagunya Judika. 

Ya pasti mamanya sangat menyayangi anaknya. Soalnya ada beberapa instansi yang baru bisa memberikan rekomendasi pindah tempat dinas setelah mengabdi selama 10 tahun.Nah mungkin mamanya nggak pengin jauh sama anaknya, selama satu dasawarsa begitu. Makanya melarang. Okelah, bisa kita terima kalau memang alasannya seperti itu.

Merasa Belum Penasaran

Lah ini malah lucu. Padahal tahun ini penerimaan besar-besaran CPNS di seluruh penjuru nusantara. Kalau alasannya ini malah bikin penasaran juga ya, kenapa kok nggak penasaran? Tapi biasanya orang jenis ini masih memiliki cita-cita lain yang ingin dia kejar. Sehingga merasa malas untuk ikutan CPNS.

Lelah Udah Berkali-kali Nyoba Gagal

Putus asa sebenarnya nggak boleh. Hanya saja, untuk dijadikan alasan malas ikutan CPNS ya nggak apa-apa. Asal nggak bikin keadaan kita menjadi seperti pepatah hidup segan mati tak mau. Pasti ada rejeki di jalan lain.

Ribet dengan Semua Persyaratannya

Memang penerimaan CPNS tahun ini beda dengan tahun sebelumnya. Jadi selain menyiapkan berkas, para calon peserta harus mengunggah dokumen ini dan itu, serta melanjutkannya dengan foto selfie seraya memamerkan nomor pendaftaran dan KTP. Ya emang agak ribet, apalagi buat tipe orang yang mengurus hidupnya sendiri udah ribet, belum lagi ribet stalking ke gebetan, ya makin ribet lagi. Jadi wajar kalau males ikutan CPNS.

Lebih Baik Freelance di Rumah


Alasan terakhir mengapa orang malas ikutan CPNS karena ingin melakukan apa yang dia sukai. Karena menurutnya dengan menjadi PNS bakalan menghambat kegiatan yang disukai, sehingga mengurangi ruang geraknya. Untuk itu lah dia merasa malas ikutan CPNS tahun ini, demi kesenangan yang hakiki, untuk hidup yang lebih baik.

Pada dasarnya kita diberikan akal oleh Tuhan yang Maha Kuasa supaya kita berpikir. Mengenai apa yang terbaik buat kita. Lakukan apapun yang bisa bikin kita bahagia, dan jangan lupa syukuri. Karena kebahagiaan juga berhak dirasakan oleh siapapun, bukan hanya untuk dia yang yang PNS. Males ikutan CPNS bukan berarti males bekerja kok. Jadi don’t judge a book by cover.  

Nah, itu tadi alasan-alasan yang bikin orang males ikutan CPNS. Kalau kamu alasannya apa nih, Gaes? Share yuk!

2 Responses to "8 Alasan yang Bikin Orang Males Ikutan CPNS"

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Wah ada ya yang dilarang ikut CPNS sama orang tuanya ?
    aku malah disuruh suruh terus ituuuu

    ReplyDelete

Saya menghargai setiap komentar yang kamu berikan. Maka jangan pernah sungkan untuk meninggalkan komentarmu. Untuk kepentingan bisnis, silakan hubungi saya via email di hadisujatman@gmail.com

Salam!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel